h1

Tips Mendapat Tiket Murah

Februari 8, 2010

Secara umum harga tiket pesawat dibagi dua kelas, yakni kelas bisnis dan kelas ekonomi. Namun, setiap kelas masih terbagi lagi dalam beberapa subkelas, dan masing2 maskapai memberinama yang berbeda terhadap setiap subkelas. Garuda misalnya, menamai Kelas V (V-class) untuk subkelas termurah, dan menyebut Kelas C (C-class) untuk subkelas termahal di kelas ekonomi. Batavia menamai masing-masing kelas Z (Z-class) dan kelas Y (Y-class) untuk subkelas terendah dan tertingginya. Sedangkan Lion Air memberi kode Kelas X (X-class) dan Kelas Y (Y-class) untuk kelas ekonomi termurah dan termahalnya.

Biasanya yang dikategorikan sebagai tiket promo adalah tiga subkelas terendah di setiap maskapai. Dikategorikan sebagai tiket promo karena harga tiketnya yang tergolong murah. Bayangkan, harga tiket promo bisa hanya sepertiga dari harga rata-rata tiket dengan pesawat yang sama. Jadi, saat harga rata-rata tiket ke suatu daerah tujuan pada tanggal dan jam penerbangan tertentu bisa mencapai Rp1,2-jutaan, tiket promo bisa berharga hanya Rp400-ribuan untuk penerbangan yang sama.

Oleh karena harganya yang murah itulah tiket promo banyak dikejar oleh calon penumpang. Sayangnya, jumlah seat yang disediakan untuk tiket promo sangat-sangat terbatas. Selain itu, tiket promo juga diikat dengan beberapa syarat dan ketentuan. Di antaranya adalah kondisi tiket fixed date, fixed flight, non rebook, non extended, non reroutable, dan non refund. Artinya, tiket tidak dapat dibatalkan, harus dipergunakan pada tanggal dan jam yang telah ditentukan, tidak dapat direservasi ulang, tidak dapat dijadwalkan ulang, tidak dapat ditukar dengan nomor penerbangan lain, dan uang tiket tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Tiket promo juga biasanya memiliki time limit (batas waktu) pembayaran yang sangat singkat, hanya 1–3 jam dari saat reservasi (booking) berhasil dilakukan. Pembayaran melewati batas waktu yang telah ditentukan akan menyebabkan reservasi gugur secara otomatis.

Lalu bagaimana caranya agar dapat menikmati perjalanan penerbangan dengan tiket promo? Tips berikut ini dapat membantu Anda :

  1. Lakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Maskapai penerbangan biasanya sudah mengeluarkan harga tiket untuk beberapa bulan ke depan, bahkan sampai 8–10 bulan ke depan. Meski ada maskapai yang memberikan penawaran awal dengan membuka kelas bertarip mahal terlebih dahulu, namun sebagian besar maskapai justru mengawali penawaran dengan membuka kelas bertarip murah dan akan terus meningkat sesuai ketersediaan kursi.
  2. Jika tidak terlalu mendesak, hindari melakukan perjalanan saat peak season, misalnya liburan sekolah, liburan natal, tahun baru, libur lebaran, Imlek, atau saat berlangsungnya suatu acara akbar di daerah tujuan seperti perayaan Festival Bunaken di Manado yang menyedot banyak pengunjung atau saat berlangsung Pekan Nasional Pertanian yang juga diikuti hingga belasan ribu peserta dari seluruh nusantara. Saat peak season biasanya harga tiket melonjak tinggi akibat tingginya permintaan seat.
  3. Jika perjalanan tidak tergantung waktu, cobalah memilih alternatif penerbangan pada jam tertentu yang bertarif murah. Penerbangan pada malam atau pagi hari biasanya bertarif murah.
  4. Jika frekuensi penerbangan Anda cukup tinggi, cobalah bergabung menjadi member dalam program diskon yang biasanya ditawarkan suatu maskapai. Sejumlah maskapai menawarkan berbagai fasilitas menarik terhadap membernya seperti diskon khusus, tiket ekstra, upgrade kelas jika telah mencapai miles tertentu dengan maskapai yang sama. Sehingga semakin sering Anda terbang dengan maskapai yang sama, akan semakin besar peluang Anda untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan.
  5. Jika sudah dibooking, perhatikan time limit untuk konfirmasi tiket (issued). Travel agent atau maskapai penerbangan baru akan melakukan issued tiket apabila pembayaran telah diterima. Oleh karena lakukan pembayaran sebelum time limit berakhir. Sebab time limit yang terlampaui akan menyebabkan nomor booking gugur dengan sendirinya, dan reservasi ulang tidak menjamin ketersediaan seat dan harga sama seperti bookingan sebelumnya untuk tanggal dan waktu penerbangan yang sama. Perlu diingat bahwa tiket promo hanya memiliki time limit yang singkat, rata-rata hanya 1–3 jam setelah booking.*** (Didi Rusmin)

2 komentar

  1. Terus terang saya ingin mendapat keuntungan dari Bisnis ini untuk bisa juga dapat menikmati perjalanan ke luar negari, kalee, semoga aja, yah. Amin. Tapi walau gitu aq nambahin kabar boe’at yang lain ikut segera dengan bisnis ini. tks.


  2. Hey, every body ikut serta donk, segera bergabung. sikaat…!



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: